Berkah Jokowi Bertemu MBS, Kuota Jamaah Haji Indonesia Ditambah 20.000

- 24 Oktober 2023, 07:27 WIB
Jamaah haji Indonesia.
Jamaah haji Indonesia. /Foto : dok/istimewa

DESK DIY - Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi dan bertemu langsung Perdana Menteri Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) membawa berkah.

Hasil pertemuan Jokowi dan MBS membuahkan hasil bahwa Indonesia memperoleh tambahan kuota jamaah haji dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebanyak 20.000 jemaah.

“Saya diberi tahu sudah diputuskan oleh Perdana Menteri Pangeran MBS (Mohammed bin Salman) bahwa tambahan kuotanya adalah 20.000 (jemaah), ini jumlah yang sangat besar,” ungkap Presiden.

Baca Juga: Ketua Umum PP Muhammadiyah Setuju Wacana Larangan Haji Berkali-kali

Sebelumnya, Presiden menceritakan bahwa hal tersebut merupakan hasil dari pertemuannya saat makan siang bersama Putra Mahkota yang juga Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud saat kunjungannya ke Kerajaan Arab Saudi pada Kamis (19/10/2023). Presiden menyebut, dirinya menyempaikan bahwa jemaah haji Indonesia harus menunggu hingga 47 tahun untuk mendapatkan kesempatan ibadah haji.

“Karena beliau sedang senang saya berani ngomong mohon ditambah kuota hajinya untuk Indonesia, karena penduduk Indonesia itu sekarang 278 juta," jelasnya.

Jokowi menyampaikan bahwa penambahan kuota haji tersebut kemudian sudah dapat ditindaklanjuti dan diharapkan sudah bisa mulai diterapkan mulai tahun depan.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Sudah Terbitkan Serat Palilah, Asrama Haji DIY Segera Dibangun di Kulonprogo

“Sudah, ini tinggal ditindaklanjuti dengan surat aja, insyaallah (tahun depan) kalau itu sudah beres,” tandasnya. ***

Editor: Chaidir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x