1410 Lansia Miskin Kota Yogyakarta Dapat Bantuan ASLUM

- 7 Desember 2023, 08:31 WIB
Sekda Kota Yogya, Amanda Yuriadijaya saat menyerahkan bantuan ASLUM secara simbolis di Bank BPD DIY yang ada di Mal Pelayanan Publik Balaikota Yogya.
Sekda Kota Yogya, Amanda Yuriadijaya saat menyerahkan bantuan ASLUM secara simbolis di Bank BPD DIY yang ada di Mal Pelayanan Publik Balaikota Yogya. /Foto : dok. Pemkot Yogyakarta

DESK DIY -- Sebanyak 1.410 lansia dari 14 kemantren (kecamatan) di Kota Yogyakarta mendapat bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Miskin (ASLUM) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Penyaluran bantuan ASLUM dalam bentuk dana nontunai. Bantuan ASLUM ini mulai didistribusikan melalui Bank BPD DIY ke rekening masing-masing penerima.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya mengatakan sasaran pemberian bantuan ASLUM kali ini sebanyak 1.410 lansia. Ribuan lansia ini menerima Rp 400.000 dengan rincian Rp 200.000 per bulan, untuk bulan November dan Desember 2023 dalam sekali transfer.

Baca Juga: Atlet Paralimpic Berprestasi Internasional Dapat Bonus Tali Asih dari Pemkot Yogyakarta

Aman mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud perlindungan sosial untuk warga lansia miskin yang diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

"Pemberian ASLUM ini sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu juga untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar para lansia miskin di Kota Yogyakarta," katanya saat menyerahkan bantuan ASLUM secara simbolis di Bank BPD DIY yang ada di Mal Pelayanan Publik Balaikota Yogya, Rabu 6 Desember 2023.

Aman menyebut lansia yang menerima bantuan ASLUM harus memenuhi sejumlah persyaratan, diantaranya memiliki identitas kependudukan sebagai warga Kota Yogya, berusia minimal 60 tahun, dan belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial apapun dari pemerintah, baik yang bersumber dari dana APBN maupun APBD.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Lelang 77 Unit Kendaraan. Simak Rinciannya

"Selain itu para lansia ini juga tercatat dalam data Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) Kota Yogya maupun tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," katanya.

Halaman:

Editor: Chaidir

Sumber: Pemkot Yogyakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x