9.086 Anggota KPPS Kota Yogyakarta Siap Sukseskan Pemilu 2024

- 25 Januari 2024, 18:51 WIB
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara siap sukseskan Pemilu
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara siap sukseskan Pemilu /Ilustrasi : istimewa

DESK DIY - Sebanyak 1.540 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kemantren Umbulharjo dilantik pada Kamis 25 Januari 2024 di Wana Graha Bhakti Yasa.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta Nindyo Dewanto mengatakan, dengan dilantiknya anggota KPPS secara serentak di Indonesia termasuk Kota Yogyakarta harapannya bisa lebih mantap dalam menjalankan tugasnya selama satu bulan ke depan khususnya di 14 Februari mendatang.

“Ini merupakan agenda besar kita sebagai warga negara Indonesia, untuk bersama-sama menjaga kondusivitas khususnya di Kota Yogyakarta. Di mana pemilu serentak ini kita rayakan dengan gembira tanpa mencederai makna pesta demokrasi itu sendiri,” kata Nindyo usai pelantikan anggota KPPS Kemantren Umbulharjo.

Dikatakan, sejak sebelum rangkaian kegiatan pemilu serentak dilaksanakan, Pemkot Yogyakarta sudah menjalin kerja sama yang intensif dengan Polresta, Kodim 0734, Pengadilan, Kejaksaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Baca Juga: Anak Guru Ngaji Lulus Doktor Tercepat di UGM, IPK 4.00 dan Berpredikat 'Terpuji'

“Sejak pra pemilu kami sudah menjalin kerja sama secara reguler untuk mengkoordinasikan persiapan pelaksanaan rangkaian kegiatan pemilu. Termasuk untuk merumuskan langkah pemecahan masalah di tingkat kebijakan. Menjelang kampanye terbuka ini Pemkot Yogyakarta bekerja sama dengan lintas sektor siap mendukung kesuksesan dan menjaga kondusivitas penyelenggaraan pemilu serentak 2024,” tambahnya.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro menjelaskan total terdapat 9.086 anggota KPPS yang tersebar di 1.286 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kota Yogyakarta yang resmi dilantik serentak untuk bertugas selama 25 Januari hingga 25 Februari 2024.

“Anggota KPPS pada pemilu 2024 ada sekitar 30 persen berasal dari generasi muda, kelompok usia 19 hingga 30 tahun. Angka ini naik secara signifikan dibandingkan pada pemilu 2019, termasuk afirmasi keanggotaan perempuan yang mencapai 40 persen,” jelasnya.

Dikatakan, setelah dilakukan pelantikan anggota KPPS akan dilakukan bimbingan teknis pada 26 hingga 29 Januari di setiap wilayah kelurahan. Untuk semakin memantapkan kesiapan anggota KPPS dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Petugas KPPS Diminta Jaga Kesehatan Hadapi Pemilu

Halaman:

Editor: Chaidir

Sumber: Pemkot Yogyakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x