Rute Jalan Alternatif Menghindari Kemacetan di Tanjakan Piyungan - Patuk

- 26 Desember 2023, 10:37 WIB
Jalur Jalan Lingkar Selatan Jogjakarta dari Bantul mengarah Gunungkidul.
Jalur Jalan Lingkar Selatan Jogjakarta dari Bantul mengarah Gunungkidul. /Foto : dok.

DESK DIY - Liburan Tahun Baru Jogjakarta dipastikan dipadati oleh para pemudik dan wisatawan. Hal ini bisa dilihat sejak pekan lalu menjelang Natal, berbagai jalan menuju kawasan wisata sudah mengalami kemacetan

Bagi para wisatawan yang ingin menuju tempat-tempat wisata di Gunungkidul sebaiknya memanfaatkan rute alternatif, terutama menghindari jalur padat yang sering mengalami kemacetan panjang, yaitu jalur Piyungan - Patuk.

Ada jalan baru menuju destinasi wisata di Gunungkidul bagi para wisatawan dari arah Jogja. Dari arah Jogja yang menggunakan Jalan Wonosari, maka ketika sampai di Simpang Tiga Piyungan maka berbelok ke kiri atau menuju arah Prambanan.

Baca Juga: PLN EPI Perkuat Pasokan Listrik Malam Tahun Baru

Di Jalan Piyungan - Prambanan terdapat RSUD Prambanan, setelah lurus beberap meter maka ada jalur menuju ke arah timur menuju perbukitan Prambanan. Lalu masuk ke arah timur, kemudian belok ke kanan ke arah Jalan Candi Ijo.

Kemudian lurus ke timur menuju ke arah Candi Ijo/Tebing Breksi, menuju ke arah Gayamharjo dan melewati jalur di atas Obelix sampai di pertigaan belok ke kiri ke arah timur laut di Jalan Bratayuda sampai ke pertigaan Gayamharjo lalu berbelok ke kanan menuju Jalan Sembada Handayani.

Setelah memasuki wilayah Gunungkidul mengikuti jalur kemudian sampai ke persimpangan Ngoro-oro. Di persimpangan ini jika ke kiri arah Klaten, kanan menuju Dlingo dan lurus ke arah Gedangsari/Nglanggeran.

Baca Juga: Spesial Sambut Tahun Baru, PLN Gelar Promo Tambah Daya

Selanjutnya mengambil arah Gedangsari/Nglanggeran hingga sampai ke Sambipitu Patuk. Di lokasi ini jika berbelok ke kanan akan menuju jalan Jogja Wonosari tepatnya menuju arah Bunder, Playen. Namun jika ke kiri akan menuju Nglipar menuju Wonosari.